4 Mei, di tahun 1979 Margaret Thatcher resmi dilantik menjadi perdana menteri Inggris. Pelantikan itu sekaligus menjadikan dirinya sebagai wanita pertama yang memangku jabatan sebagai perdana menteri Inggris.


3 Mei, Mengikuti rekomendasi Konferensi Umum UNESCO dalam Sidang umum PBB Desember 1993, Hari Kebebasan Pers ditetapkan pada 3 Mei, di seluruh dunia dan dirayakan sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia.Setelah 30 tahun, hubungan bersejarah yang dibuat antara kebebasan untuk mencari, menyebarkan dan menerima informasi dan barang publik tetap relevan seperti pada saat penandatanganannya. Peringatan khusus peringatan 30 tahun direncanakan berlangsung selama Konferensi Internasional Hari Kebebasan Pers Sedunia.
Tanggal 3 Mei berfungsi sebagai pengingat bagi pemerintah tentang perlunya menghormati komitmen mereka terhadap kebebasan pers. Ini juga merupakan hari refleksi di kalangan profesional media tentang masalah kebebasan pers dan etika profesional. Ini adalah kesempatan untuk:merayakan prinsip-prinsip dasar kebebasan pers; menilai keadaan kebebasan pers di seluruh dunia; membela media dari serangan terhadap kemerdekaan mereka; dan memberikan penghormatan kepada jurnalis yang telah kehilangan nyawa mereka saat menjalankan tugas.


Bulan Mei, diawali dengan Hari Buruh pada 1 Mei dan berikutnya, 2 Mei Hari Pendidikan Nasional, hingga akhirnya di penghujung bulan Mei, ada Hari Kebangkitan Nasional. Bukan sekedar Hari Bersejarah yang diperingati jika aktualitas menyadarkan kita apakah Kebangkitan Nasional hanya sekedar sejarah atau setiap saat kita perlu memiliki motivasi ebangkitan yang diwarnai nasionalisme … sehingga hari Pendidikan juga bukan seremonial melainkan evaluasi realita Pendidikan kita secara nyata dan kebijakan …. apakah cuma menghasilkan BURUH yang siap bersikap keras atau Profesional yang mumpuni …


NEWS



APRIL 2021

“Tahukah engkau semboyanku? “Aku mau!” Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata “aku tiada dapat!” melenyapkan rasa berani. Kalimat “aku mau!” membuat kita mudah mendaki puncak gunung.” ” Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. kehidupan manusia serupa alam” (Kartini – Habis Gelap Terbitlah Terang-Door Duistermis tox Licht )

Perempuan, dan bulan April mempunyai cerita tersendiri. Sebuah survei bulan ini menyebutkan tiga perempuan Indonesia bekerja dengan kinerja yang keren untuk Indonesia. Ada nama Sri Mulyani, menteri keuangan, Retno Marsudi, menteri luar negeri dan Tris Rismaharini menteri sosial. Publik juga mencatat Ketua Parlemen di Indonesia itu perempuan, Puan Maharani. Bulan April itu bulannya perempuan Indonesia yang berorientasi kesetaraan gender , bulannya perempuan memperjuangkan hak hak perempuan dengan dipelopori Raden Ajeng Kartini.